Jumat, 22 Februari 2019

Mengatasi Kesulitan dalam Belajar Matematika

Bayangkan bagaimana kalau tidak ada matematika dalam kehidupan kita? Mungkin kita tidak akan pernah menonton TV, bermain game, dsb. Bayangkan apa yang terjadi jika orang tidak mengenal bilangan dan tidak bisa berhitung, tidak bisa memahami harga barang di pasar. Apa jadinya ya????
Maka dari itu semestinya kita sudah tahu kalau matematika memang penting, mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan kita. Kemajuan sains dan teknologi yang begitu pesat dewasa ini tidak lepas dari peranan matematika. Namun demikian, kita juga tidak dapat mengingkari kenyataan bahwa sampai sekarang masih banyak orang yang mengalami kesulitan dalam mempelajari matematika. bahkan tidak jarang matematika dianggap "hantu" yang menakutkan yang harus dihindari. Ketika mendengar kata matematika, maka yang muncul di pikiran identik dengan kata payah/sukar/sulit. Khususnya yang dihadapi oleh guru-guru disekolah.

Bagi siswa yang selalu gagal memperoleh nilai bagus dalam mata pelajaran matematika, menganggap bahwa pelajaran matematika itu sulit dan sangat membosankan. Dalam hal ini kesulitan belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya, faktor diri sendiri, lingkungan sekolah, dan sebagainya.
Kesulitan-kesulitan dalam belajar, khususnya belajar matematika bila kesulitan belajar untuk masing-masing sub pokok bahasan tidak segera diatasi, tidak tertutup kemungkinan akan berpengaruh terhadap proses belajar matematika secara umum.
Beberapa cara yang bisa dilakukan, apabila mengalami kesulitan dalam pelajaran matematika :
  1. Bertanya dikelas
  2. Datang keruang guru/jumpai guru
  3. Bertanya pada teman 
  4. Jangan malas untuk mengikuti pelajaran tambahan (bimbingan belajar matematika)
  5. Buat kelompok belajar
  6. Cari berbagai sumber yang tersedia di internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar